Mengatasi Cek No Resi JNE Error

Cek no resi JNE error kerap kali terjadi dan akan menyulitkan baik pembeli maupun penjual. Pembeli tidak bisa mengetahui di mana posisi atau status barang pesanannya, sementara penjual akan menerima komplain dan harus turut bertanggungjawab atas kiriman yang tak bisa dilacak ini. Banyak faktor yang menyebabkan nomor resi tak bisa terlacak. Pertama, mungkin kita memasukkan nomor secara salah. Pastikan nomor resi dimasukkan secara benar saat melakukan pengecekan di website resmi JNE. Selain itu, masalah juga bisa terjadi karena sambungan internet yang tidak stabil. Pastikan perangkat yang kita gunakan untuk mengecek resi secara online telah tersambung ke jaringan yang lancar.

 

Pada waktu-waktu tertentu seperti saat hari besar keagamaan atau tahun baru, seringkali server JNE akan down karena overload. Banyaknya pesanan yang dikirimkan serta jumlah orang yang mengakses situs JNE menyebabkannya down dan tak bisa diakses untuk sementara. Alternatifnya adalah kita bisa menuju situs pengecekan resi yang lain, misalnya http://www.resi.co.id/. Atau, kita juga bisa merefresh halaman dan mencobanya lagi beberapa jam kemudian. Server yang down ini biasanya takkan berlangsung lama, walau tetap saja seringkali membuat cemas karena status barang tak kunjung bergerak. Jika kita sudah mengantongi nomor resi dari JNE, maka kita bisa mendatangi kantor perwakilan JNE di kota masing-masing untuk mengeceknya di sana.

 

Resi sendiri adalah tanda terima atau kerap pula disebut bukti pengiriman. Fungsi resi tak sekedar membuktikan bahwa barang telah dikirimkan penjual pada pembeli. Nomor resi juga bisa digunakan untuk melacak status atau posisi barang yang dikirimkan. Selain itu, pembeli juga dapat menggunakan resi ini sebagai alat komplain ke pihak ekspedisi jika barang kiriman tidak kunjung diterima. Nomor resi juga akan membantu kita saat hendak mengambil barang langsung ke kantor perwakilan JNE di kota. Peran resi yang penting ini membuat penjual sebaiknya tidak menghilangkan resi kiriman, setidaknya sampai pembeli menerima barang pesanannya. Pembeli juga bisa meminta nomor resi pada penjual apabila penjual tidak lekas memberikannya.